Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan artikel ini berisi tentasng perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan. Untuk anda yang sedang membutuhkannya silahkan lanjutkan baca selengkapnya di bawah ini. Siapa tahu berguna untuk tugas atau latihan pelajaran biologi anda.

Daripada saya ngomong makin panjang dan semakin tidak jelas lebih baik kita kembali ke topik yaitu membahas tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan


Perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan terdapat pada slaput plasma, sitoplasma dan rongga sel. Lihat di gambar yang ad di bawah ini tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
Gambar di atas adalah struktur penyusun sel hewan dan sel tumbuhan. Hanya dengan melihat dan memperhatikan gambarnya saja anda sudah tau apa yang menyebabkan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan.


Slaput plasma yang terdapat pada sel tumbuhan di lindungi oleh dinding sel yang tebal dan kuat. Dinding tersebut tersusun oleh zat selulosa yang menjadikan sel tumbuhan memiliki bentuk yang tetap. Sedangkan slaput plasma yang ada pada sel hewan tidak di lindungi oleh dinding sel yang kuat dan tebal sehingga bentuk sel hewan tidak tetap.

Sitoplasma yang ada pada sel tumbuhan mengandung plastisida atau butir pembawa zat warna seperti kloroplas.  Kloroplas adalah plastisida yang mengandung  butir butir hijau daun atau yang di sebut klorofil, klorofil sendiri adalah zat yang sangat di butuhkan dalam proses fotosintetis. Sedangkan sitoplasma yang ada pada sel hewan tidak mengandung kloroplas.


Vakuola atau yang di sebut juga rongga sel terlihat jelas pada sel tumbuhan. Rongga sel atau vakuola terbentuk akibat adanya perkembangan dinding sel lebih cepat daripada pertumbuhan pada plotoplasma. Rongga sel yang ada pada sel hewan bersel banyak jarang bisa kita jumpai. Pada protozoa terdapat rongga sel yang kecil. Rongga sel atau vakuola pada tumbuhan lebih besar daripada pada hewan.


jadi jika anda di tanyai orang dengan pertanyaan

Apa perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan?

Ada beberapa perbedaan yang ada di antara sel tumbuhan dah hewan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sel tumbuhan memiliki bentuk yang tetap sedangkan sel hewan tidak memiliki bentuk yang tetap.

2. Slaput plasma yang ada pada sel tumbuhan di lindungi oleh dinding sel yang tebal dan kuat. Sedangkan slaput plasma yang ada di sel hewan tidak di lindungi oleh dinding sel yang kuat dan tebal.

3. Sitoplasma yang ada pada sel tumbuhan mengandung plastisida sedangkan pada sel hewan tidak mengandung plastisida.

4. Vakuola pada sel tumbuhan lebih besar daripada vakuola yang ada pada sel hewan.


Nah itulah beberapa perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan semoga artikel di atas berguna dan bermanfaat. Terimaskasih yang sudah mau berkunjung ke blog ini



0 Response to "Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Komentar yang mengandung spam, sara, p*rn*grafi, promosi tidak akan kami tampilkan. Terima kasih karena sudah mau membaca puisi kami.

Histats

wdcfawqafwef